Sabtu, 20 April 2013

Gejala Autis Pada Anak

 

Kenali Gejala Autis Pada Anak Sejak Dini - Mendeteksi gejala autis pada seorang anak memang agak sulit, sebab baru bisa diketahui jika seorang anak mengidap autis pada umur sekitar 2 tahun .Gayatri Pamoedji SE, MHC, praktisi autisme dari Masyarakat Peduli Anak Autis Indonesia (MPATI) memaparkan bahwa akan lebih baik jika mengetahui gejala autis pada anak lebih awal dan jangan sampai terlambat, seperti kebanyakan orang tua yang mengetahui bahwa anaknya penderita autis ketika sudah berusia 3 tahun.

Dalam sebuah acara seminar tentang Diagnosis Akurat, Pendidikan Tepat dan Dukungan Kuat untuk Menciptakan Masa Depan Anak Autis yang Lebih Baik di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa, (9/4/2013). dikatakan bahwa kebanyakan kasus terjadi saat orang tua berkonsultasi ke Dokter tentang kondisi anaknya yang belum bisa berjalan atau bicara sedang usianya sudah tiga tahun atau lebih. Untuk itu dia menjelaskan dan mensosialisasikan agar para orang tua yang mengalami kasus serupa agar segera berkonsultasi ke Dokter anak agar tidak terlambat mengatasi hal semacam ini.

Gayatri juga mengatakan dan memaparkan lebih jelas mengenai ciri-ciri atau gejala autis pada anak berdasarkan M-CHAT ( Modified Checklist for Autisme in Tofflers). sebagai berikut :

- Apakah anak Anda memiliki rasa tertarik pada anak-anak lain?

- Apakah anak Anda pernah menggunakan telunjuk untuk menunjukan rasa tertariknya pada sesuatu?

- Apakah anak menatap mata Anda lebih dari satu atau dua detik?

- Apakah anak bisa meniru Anda? Bila membuat raut wajah tertentu, apakah anak Anda bisa menirunya?

- Apakah anak Anda memberi reaksi bila dirinya dipanggil?

- Bila anak Anda menunjuk pada sebuah mainan di sisi lain ruangan, apakah anak melihat pada mainan tersebut?

- Apakah anak Anda pernah bermain “sandiwara” misalnya berpura-pura berbicara di telefon atau berpura-pura menyuapi boneka?
Sehubungan dengan 7 ciri-ciri atau gejala autis tersebut, bisa disimpulkan bahwa bila anak Anda minimal menjawab tidak dari pertanyaan di atas, bisa dipastikan anak Anda menyandang autis. 
http://www.blogger.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar